Saturday, July 21, 2012

Buku Pertama Saya: Perkenalan




Sudah lama saya ingin bisa punya buku hasil tulisan sendiri. Tapi, nggak pernah kesampaian karena nggak tahu mau nulis buku apa. Karena nggak tahu mau dikirim kemana. Karena bingung cover-nya gimana. Karena nggak percaya diri.

Lalu, suatu hari saya sedang browsing dan menemukan aplikasi seru ini: iBooks Author. Dengan aplikasi ini, kita bisa bikin e-book sendiri plus mendesainnya dengan cara supergampang. Bahkan, di buku itu bisa juga ditambahi statistik, ilustrasi 3D, video, slideshow, dan lain-lain.

Maka iseng-isenglah saya memasukkan cerpen-cerpen yang pernah saya bikin ke dalam aplikasi tersebut. Kemudian, saya tambahkan hasil foto yang pernah saya jepret sendiri ditambah editan sederhana supaya terlihat sebagai ilustrasi, dan lama-kelamaan jadilah sebuah e-book.

Senang juga akhirnya mimpi saya untuk menulis buku kesampaian. Walau dengan cara ala kadarnya dan dibikin sendiri tanpa bantuan desainer grafis yang jago layout.

Perkenalan berisi sembilan bab cerita fiksi pendek. Tujuh adalah cerita pendek dengan berbagai tema, lalu dua bab berisikan cerita lebih pendek lagi dengan setting di pantry kantor.

Nama "Perkenalan" diambil dari judul salah satu cerpen itu

E-book sederhana ini sekarang sudah bisa di-download secara GRATIS melalui BrutalUpload (tanpa perlu log in), 4shared (dengan log in), atau melalui iBook Store. Sayangnya, buku ini belum bisa tersedia di iBook Store dengan account Asia. Tapi, baru di US, serta sejumlah negara Eropa dan Australia.

Bentuk filenya adalah PDF sehingga dapat dibaca di berbagai device, PC, atau diprint.



Happy reading!

1 Ramadhan 1433 H
Aziz Hasibuan
(@azizhasibuan)







No comments: