Wednesday, September 14, 2011

Hard Work v Luck




Hard work beats talent when talent doesn’t work hard

Quote tersebut dengan mudah bisa di-google. Nggak jelas siapa pemiliknya. Tapi makna quote ini banyak dipercaya orang sampai sekarang. Kalau kerja keras, apa yang kita mau bisa dicapai. Kalau kerja keras…

Saya pun beberapa tahun terakhir tumbuh dalam lingkungan yang menjadikan kerja keras seperti dewa. Harus dipuja, harus dipercaya. Tidak kerja keras berarti menyeleweng dari kitab suci.

Setiap orang (mungkin) punya batas. Namun dengan kerja keras, kita bisa meng-extend batas itu lebih jauh lagi. Push. Push. Push. Hari ini cuma bisa merangkak, besok bisa jalan. Hari ini bisa jalan, besok bisa lari. Hari ini bisa lari, besok bisa… (apa yang lebih dari lari? Itu lah pokoknya.)

Tapi, konsep kerja keras ini suatu hari memukul saya di satu titik.

Seorang teman bilang ke saya. ”Menurut gue, orang yang merasa sukses adalah karena kerja keras, berarti sombong.”

Saya diam mendengarnya. Teman saya itu selalu jagoan memulai topik dengan kalimat mematikan. Saya curiga dia konsultan komunikasi politik. Lalu, dengan mimik yang sudah pasti aneh, teman saya paham bahwa saya menunggu lanjutan pancingannya.

”Menurut gue, orang sukses itu karena keberuntungan. Bukan karena kerja keras. Kalau lo bilang sukses karena kerja keras, berarti lo lupa bahwa ada orang lain di sekitar lo yang secara nggak sengaja lo temui, dan bawa lo jadi sukses. Berarti lo lupa bahwa banyak momen-momen di hidup lo yang nggak sengaja terjadi, tapi ternyata ngebawa lo di titik sukses.

Menurut lo sukses karena apa? Keberuntungan!”

Saya makin curiga dia konsultan komunikasi politik.


Bagaimana menurut Anda?





*) Kutipan teman saya itu tidak dituliskan dengan persis kata per katanya. Namun demikianlah pemaknaannya.

2 comments:

gadis said...

You should read Malcolm Gladwell's Outliers to know what success is all about. Seriously, the book will open your eyes!!!

Cheers,
Gadis

Aziz Hasibuan said...

I have that book in my peagon hole actually, but haven't read it yet.

:p